NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan operasi
bilangan real dan menerapkannya dalam bidang kejuruan.
|
Menyelesaikan
masalah dengan menggunakan operasi bilangan real.
|
Menentukan hasil
operasi bilangan berpangkat dan bentuk akar, dan/atau logaritma.
|
||
2.
|
Memecahkan masalah
yang berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua
variabel serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
|
Menyelesaikan masalah
sistem persamaan atau pertidaksamaan linear dua variabel.
|
3.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, dan program
linear.
|
Menentukan fungsi
linear dan/atau grafiknya.
|
Menentukan fungsi
kuadrat dan/atau grafiknya.
|
||
Menentukan model
matematika dari masalah program linear.
|
||
Menentukan daerah
himpunan penyelesaian dari masalah program linear.
|
||
Menentukan nilai
optimum dari sistem pertidaksamaan linear.
|
||
4.
|
Menerapkan konsep
matriks dan
vektor untuk
memecahkan masalah.
|
Menentukan hasil
operasi matriks atau invers suatu matriks.
|
Menentukan hasil
operasi vektor dan besar sudut antar vektor pada bidang atau ruang.
|
||
5.
|
Menerapkan
prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan
dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
|
Menentukan ingkaran
dari suatu pernyataan.
|
Menentukan invers,
konvers, atau kontraposisi.
|
||
Menarik kesimpulan
dari beberapa premis.
|
||
6.
|
Menentukan
unsur-unsur bangun datar, keliling dan luas bangun datar, luas permukaan
dan volum bangun ruang, unsur-unsur irisan kerucut serta dapat menerapkannya
dalam bidang kejuruan.
|
Mengidentifikasi
bangun datar, bangun ruang, dan unsur-unsurnya.
|
Menghitung keliling
dan luas bangun datar atau menyelesaikan masalah yang terkait.
|
||
Menghitung luas
bangun permukaan bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
|
||
Menghitung volum
bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
|
||
7.
|
Menerapkan konsep
perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan
unsur-unsur segitiga dengan menggunakan perbandingan trigonometri.
|
Mengkonversi
koordinat kutub ke koordinat kartesius
atau sebaliknya.
|
||
8.
|
Memecahkan masalah
yang berkaitan dengan barisan dan deret.
|
Mengidentifikasi
pola, barisan, atau deret bilangan.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri.
|
||
9.
|
Menerapkan konsep
peluang dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan permutasi
atau kombinasi.
|
Menghitung peluang
suatu kejadian atau frekuensi harapannya.
|
||
10.
|
Menerapkan konsep
dan pengukuran statistik dalam pemecahan masalah.
|
Menginterpretasi
data yang disajikan dalam bentuk tabel atau diagram.
|
Menghitung ukuran
pemusatan data.
|
||
Menghitung ukuran
penyebaran data.
|
||
11.
|
Menggunakan konsep
limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan limit
fungsi aljabar atau fungsi geometri.
|
Menentukan turunan
fungsi aljabar atau fungsi geometri.
|
||
Menyelesaikan masalah
dengan menggunakan konsep turunan.
|
||
12.
|
Menggunakan konsep
integral dalam pemecahanan masalah.
|
Menentukan integral
tak tentu atau integral tentu dari fungsi aljabar atau trigonometri.
|
Menentukan luas
daerah di antara dua kurva.
|
||
Menentukan volum
benda putar.
|
||
13
|
Menerapkan konsep
irisan kerucut dalam memecahkan masalah.
|
Menyelesaikan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan lingkaran atau parabola.
|
Sumber : http://gusschool.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar