Laman

Sabtu, 06 November 2010

Skateboard

rekaKenapa saya menuliskan tentang skateboard di Blog ini, itu karena ini adalah salah satu hobi ku. Kali ini saya akan berbagi informasi yang saya ketahui, tentang skateboard. Selamat membaca ... !!!

Skateboard 














Skateboard atau dalam bahasa Indonesianya Papan Luncur.

Papan, terdiri dari tujuh lapisan mapple (potongan kayu mapple) yang berbentuk oval. Pada kedua ujungnya dibuat melengkung ke atas untuk dapat di POP (istilah lompat atau pompa pada permainan skateboard) dan ujung satunya agar dapat di dorong ke depan. Beberapa contoh papan skateboard:  



















selain diatas ada pula merk Almost, Flip, GIRL, Baker, Element, Powell Peralta, dan masih banyak lagi. Anda dapat mencarinya di Google.

Griptape, merupakan bahan gesekan seperti amplas agar memberikan rider gesekan lebih untuk mengendalikan papan karena rekatannya. Kelas dan ukuran grip bervariasi oleh perusahaan dan metode pembuatan. Contoh griptape :










Hardware, adalah 8 pasang mur dan baut yang menghubungkan atau menyambungkan Papan dengan Truck. Sehingga bagian ini, adalah bagian yang sangat penting. Karena, jika Hardware ini kurang atau tidak rapat maka papan tidak akan seimbang atau goyang, sehingga kita tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Hardware terbagi atas panjang murnya, ada yang 1" dan 1.25", tergantung dari kita memakai Riser pad atau tidak. Jika anda memakai Riser pad, sebaiknya menggunakan Hardware yang ukuran 1.25" dan jika tidak gunakan yang 1" agar tidak mudah bengkok. Contoh Riser pad :
Powell Hardware (Deez Nutz)














Truck, merupakan bagian yang cukup penting. Adalah tempat untuk bearing dan wheelsnya. 
Dengan bagian - bagiannya (perhatikan gambar disampping),
  • Kingpin nut, adalah baut pengencang Kingpin.
  • Kingpin, adalah mur pengikat antara Hanger dan Base plate.
  • Top cup washer, adalah besi pembatas antara Kingpin nut dengan Cone Bushing. Agar baut tersebut (Kingpin nut) tidak merusak karet pembatas (Cone bushing).
  • Lower cup washer, adalah besi pengalas juga pembatas antara Bushing dan Base plate. Agar bushing tidak mudah rusak atau robek.
  • Cone bushing dan Bushing, adalah karet pembatas, pengontrol goyangan atau goncangan pada papan, dan peredan getaran, yang terbagi 3 kelas Hard (keras), Medium (sedang), Soft (lembek).  Hard, sulit untuk berbelok atau bergerak kiri-kanan, namun  baik digunakan untuk melakukan grind atau slide. Medium, tidak keras juga tidak lembek, jadi baik digunakan disegala alat. Soft, lembek, mudah untuk melakukan trick namun akan sulit untuk melakukan grind atau slide.
  • Axle, adalah batang besi sebagai tampat Bearing dan Wheel
  • Axle washer, adalah besi pembatas antara Bearing dengan badan Truck, dan Bearing dengan Axle nut.
  • Axle nut, adalah baut pengunci pada batang besi Truck (Axle).
  • Hanger, adalah badan Truck terbuat dari besi.
  • Pivot bushing, adalah karet pelapis kaki Truck agar tidak merusak atau melubangi Base plate (dudukannya).
  • Pivot cup, adalah dudukan atau tempat Pivot bushing pada Base plate.
  • Base plate, adalah pasangan dari Truck. Bagian bawah Truck, unruk menghubungkan Truck dengan Papan.
Riser pad, adalah karet peredam getaran yang menghubungka antara Base plate dengan papan. Agar papan tidak retak saat melakukan lompatan utamanya Drop In (lompat dari ketinggian). Contoh Riser pads :
Bones Riser pads











..... bersambung ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar